Sabtu, 25 Desember 2010

Penjual Warteg Rasis

CURHATAN anak KASKUS,

baru 15 menit yang lalu ane pergi makan siang sama temen kantor gan.
daerah selatan deh pokonya.
Awalnya kita nyari2 tempat makan yang murah sekitar kantor. Gak lama ketemu sama warteg.

Nah makan lah kita...

gw dengan lauk : Nasi 1/2, kangkung, tahu dan mie, minum air putih anget
temen gw : Nasi 1, telor, mie goreng, orek, sambel, sayur dan air putih dingin.

setelah asik makan dan mau bayar nih gan (rasis dimulai)

gw dengan lauk seperti itu kena 5000 rupiah saja (normal)
nah temen gw nih, masa makan segitu doi disuruh bayar 9.000.
(si ibunya sambil ngeliatin temen gw)
awalnya temen gw kaget...trus doi mikir yaudah deh gpp,,dikasih lah
Rp.10.000 sama dia,,,(kan harusnya kembalian 1.000)

pas mau dikembaliin si ibu bilang:
Eh, mas ga jadi deh,,semuanya 10.000,,ini jadi pas..(sambil ngeliatin temen gw lagi)

makin kaget kan gw...tadi nya mau gw tanya tuh: kenapa dia dimahalin?apa karena dia warga keturunan? (maklum gan temen ane warga tionghoa)..
tapi gw urungkan karena kita anak baru dan banyak yang makan siang juga gan...ntar jadi panjang.

yaudh temen gw ikhlasin aja..


apa separah itu ya?
atau cuma gw yang terlalu sensitip ngeliat rasis seperti ini?
gimana bangsa mau maju?

(ok gan sekedar curhat)


terimakasih yang udah curhat :
ini komen curhat yang paling parah:

Quote:
Originally Posted by one13men View Post
G cokin gan, seumur2 kalo beli pisang dipasar harganya pasti 10ribu keatas.
Jadi ceritanya bini g mau beli pisang, yg jualan lg ngelayanin org laen (bukan cokin).
Pedagangnya bilang 4000 bu, kalau sama cina baru saya mahalin.
Bini g pas dibelakang tuh ibu yg beli, pas ngelayani bini g.
Pedagangnya cuma senyum aja. Bungkus tuh pisang, nih ci 4000.
Abis enci denger sih tadi saya ngomong.

Gitulah pedagang jg liat org gan, kl bisa di getok ya digetok.
Quote:
Originally Posted by spookie_7 View Post
miris gan.... gw ngerti bgt jd lo pasti ngerasa BT deh
disatu sisi gw mau nyesel banget ga belain temen gw tadi. dan sepertinya doi sadar klo sedang "dirasiskan" makanya ga mau ambil pusing.

disatu sisi gw ngeri juga gan...secara kami berdua orang baru disitu dan baru pertama kali juga makan di warteg itu. jadi klo ribut2 sama urusan seribu-duaribu ntar yang makan jadi ikut2an dan panjang...


ada yang beropini keren nih :

Quote:
Originally Posted by werasd View Post
justru ini yang bikin orang keturunan justru banyak berhasil.

diskriminasi di dalam kenegaraan dan ekonomi membuat mereka aktif dalam wiraswasta maka jadilah mereka para pengusaha.

coba kalo sejak awal di ikutkan dalam menjadi aparat negara dan kemudahan dalam apa pun seperti milik pribumi akan berbeda.

tapi itu yang namanya kesulitan membuat kita semakin tegar dan tangguh. contohnya ya orang2 indonesia keturunan china itu.

secara banyak juga temen gw yang keturunan. dan gw fun2 aja sama mereka.
Makanya negara2 maju cepat berkembang karena mereka punya jiwa bertahan yang tinggi...bagaimana caranya biar bisa bertahan dengan lingkungan yang ada..klo kita sebaliknya...semua disediakan di Indonesia,,tapi tidak bisa mengelolanya..dan terlalu berleha2...hufh

ada yang share pengalaman lagi nih gan..

UPDATE gan: ternyata ada yang ngasih pelajaran SALUT DEH

Quote:
Originally Posted by adirandom View Post
kosannya di daerah mahasiswa ato perkantoran dik? dan lu makan warteg di daerah mana gatot subroto, sudirman, kuningan? di mana?

rasanya lu terlalu cepat menilai rasis. Dari menu aja udah beda banget. gw juga dulu ngekos, di daerah mahasiswa waktu masih kuliah. harganya ya harga mahasiswa lah. sekarang gw udah kerja ngekos, tapi di daerah sudirman. dari menu yg sama yg gw beli di kos mahasiswa dgn kos karyawan beda jauh harganya, bisa sampe berapa ribu. Dulu mahasiswa:
Nasi 1, telor, tempe, sayur, kentang, cuman 6000 (2000+2000+500+1000+500).

trus begitu gw dpt kerja dan ngekos di daerah sudirman, agak shock juga:
nasi 1, telor, tempe, sayur, kentang jadi 9000
(3000+2500+1000+1500+1000).

mungkin lu bisa bilang rasis kalo pesenannya EXACTLY sama. want to find out?
dateng lagi besok, dan ikuti saran gw. taktik ini works big time saat gw masih mahasiswa di mana gw pengen tau warteg yg gw datengin rasis apa enggak sama gw. gw bukan chinese, tpi punya temen orang jawa gitu. jadi setiap makan dia ngomong jawa sama mbak mbaknya, dan gw agak ngerasa menu dia lebih murah (waktu itu cuman feeling aja, ga tau itung itungannya.)

jadi kebetulan temen gw suka order makanan yg menunya itu itu aja. ceritanya agak kocak juga. sebelum pulang, gw make sure ke temen gw walo gw sebenernya udah tau jawabannya, "eh lu ntar ke mboke (maksudnya warteg langganan itu) mau makan apa aja?" temen gw heran donk gw tanya ptanyaan gak penting begitu. dia jawab "paling nasi telor, sayur sama orek". trus gw bilang, "beneran yah, ada lagi gak yg laen" dia heran nanya "emank ada apaan?" Trus gw bilang, liat aja nanti.

Pas mau pulang kuliah, gw cabut duluan cari jarak 10-15 menitan dari kedatangan dia di warteg.Gw pesen semua menu dia, sama persis: Nasi, telor, sayur dan orek. gw kena 2000+2000+1000+1000 = 6000. Gw buru buru makan sebelum temen gw dateng, pas udah selesai langsung deh gw bayar. Trus gw nongkrong aje di situ pura puranya perut berat dan sok2 nonton (ada tipinya). Trus gw nelp tmen gw, eh dia udah deket. dia pesen menunya sama, (hahahaha just as predicted).Ngobrol ngobrol, eh akhirnya sampe deh di puncak acara. Pas dia mau bayar, "piro mbae" ya gitu lah ngomongnya jawa jawa sok akrab gitu. and you know what, beeeeuh, cuman kena 5 rebu. The best part gw langsung interupsi donk....."lho mbak, kok cuman 5 ribu yah? tadi saya menunya sama, tapi 6 ribu. GOTCHA!!!!! hahaha mampus tuh mbaknya langsung gelagapan..."ah..oh, iya ya mas yah. ah beda kali mas...". gw tegasin, "sama mbak menunya, sama persis. tadi kan embak ngelayanin saya, masa lupa, barusan bayarnya." eh si mbake salah tingkah dan pura pura tolol "oh iya, kurang seribhhu ya mase kembaline (logat tuyul dan mbak yul gitu deh)." dia kasih gw seribu. temen gw langsung sanyam senyum bego dan langsung ngerti kenapa gw tadi nanya "mau makan apa".

jadi intinya, lu makan terpisah dgn temen chinese lu ke tempat itu lagi. Dan janjian makan dengan menu yg sama persih (exactly the same) bahkan minum dan sambel sekalipun. nah lu makan deh nyam nyam (kalo bisa lu poto deh tuh menu biar jadi bukti kalo si mbak2nya deny).. trus bayar. Pas ud selese, sms ato telp temenlu itu. dia dateng dan pesen makanan yg sama sesuai perjanjian. Pas mau bayar, bisa deg tuh keliatan, warteg anjing ato enggaknya. Kalo beda (apalagi beda jauh), ya so pasti lu harus bela temenlu donk.ngapain susah susah coba pake taktik lebay gini kalo bukan untuk "ngegaplok". bilang aja ke mbak mbaknya "Lho mbak, kok saya td makannya sama persis tapi lebih murah ya????" kalo dia deny pesenanlu beda, unjukin aja potonya biar mampus.

Tips # 2. Kalo lu ngerasa kemahalan, tanya aja, "berapa aja sih harganya jing? nasi berapa, telor berapa dst dst......" biasanya kalo orang yg nembak harga dia akan gelagapan dan ketauan nembaknya (ni tips mujarab nih, gw selalu dpt "kembalian" dari metode begini). kalo orang nembak, dia gak ngitung ngitung menu menu apa aja, pokoknya tembak asal jebret yg penting mahal. Otomatis pas harganya disuruh rinci satu satu, langsung bingung bin tolol bin bloon donk, karna di otak kecil mereka udah ke-cap harga normal tiap tiap menunya ya kan? mereka mau lebih lebihin harganya juga mungkin gak ketemu angka "tembakan" mereka dgn cepat tampa gelagapan, kecuali mbak mbaknya pernah menang medali emas olimpiade matematik di brusel. Perlu diperhatikan, trik ini sangat manjur jika menu yg dipesan bervariasi dan gak sekedar 1-2 aj.


Quote:
Originally Posted by atlantean View Post
Ya udah gan, anggep aja mreka itu generasi gagal...sekarang kewajiban kita generasi muda Indonesia untuk saling melindungi...ane what so called "pribumi" dan Muslim, selalu tukeran sm sobat ane yg chinese Katolik...kalo ane blanja di pecinaan, ane minta tlg dia, kalo dia blanja di toko pribumi ane tolongin dia...

O ya, ada kejadian yg lebih rasis...berhubung ane udh deket, jd kadang becanda kita suka kelewatan, kita udh ga risih saling ngatain dgn etnis masing2x, 1 hari tmen yg ga dkt2x amet ikutan ngatain sobat ane yg cina, cuma bedanya ane tau dia pake hati dan ga maksud becanda...akhirnya ane brantem tuh sama si rasis..bukan apa2x, ane ngerti posisi dia sebagai etnis tersudutkan, daripada urusan jd panjang, mending ane yg maju...ane kalah si wkt itu, cm point nya, bukan keberanian ane wkt itu yg berbicara, tp persahabatan...

Dan dari cerita nenek ane, ternyata ane ada turunan chinese jg..ceritanya buyut ane pribumi asli 100% tetanggaan sm cina totok...akhirnya mereka sobatan...saking sobatnya, mereka bikin janji, kalo tar punya anak bakal dinikahin...jadi lah nenek ane...dan ane cicitnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar